Pemasaran
Buku
Agar tetap mencapai hasil
penjualan buku yang maksimal maka perlu menggunakan
srategi penjualan yang jitu dan tepat.
Meskipun penerbitan buku
di Indonesia mengalami penurunan akibat wabah pandemic covid-19, kita tidak
perlu khawatir, karena strategi
pemasaran buku akan di sampaikan oleh;
Pemateri yang bernama : Agust.
Subardana, S.E., M.M. Direktur marketing penerbit Andi Jl. Beo No. 38 – 40 Demangan Baru Yogyakarta . Tlp. 0274 561881
Alamat
, Email : agustinussaputra52@gmail.com
Literasikangagus.blogspot.com Channel Youtube
: Literasi By Agus Beli Buku www.andipublisher.com
Hp. :08112 936
680
Ø Bekerja
di Penerbit ANDI Yogayakarta selama 17 th.
Ø Dari
sejak awal th 1999 s.d sekarang menggeluti di Bidang Pemasaran
Ø Lulus
S1 dan S2 mengambil Jurusan Manajemen Pemasaran
Ø Sering
menjadi Moderator berbagai event webinar
Buku merupakan salah satu
sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta
sarana penyampaian informasi.
Sejak usia dini, anak – anak
telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam
terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan
generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak,
pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata
dalam membangun budaya membaca sejak dini.
Dampak
Penjualan buku selama covid-19
Strategi
dalam mempertahankan penjualan buku saat covid -19 ini
Salahsatunya dengan
merubah mindset strategi dari “berada di
zona nyaman” menjadi mindset secara digital
Pilihan strategi pemasaran
penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik .
Kenapa demikian , hal ini
dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.
Jenis – jenis buku yang di
terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku.
Salah satu contoh Penerbit
ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori
produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi -
Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis
katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan .
Pada umumnya kegiatan
pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di
pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor
Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor
Makro yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik dan
sosial-budaya.
Dalam menjalankan bisnis
Penerbitan Buku yang sedang dijalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor
Mikro dan Makro.
Hal ini dikarenakan
Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya
sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku
yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.
Strategi Pemasaran buku
yang telah dipetakan menjadi dua:
1. Strategi
pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara
2. Strategi
pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor
makro tersebut di atas.
Dua strategi tersebut
dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
Pertanyaan menarik dari Dwi
Pratiwi dari Sukabumi
“Mohon ijin bertanya cara untuk dapat mengirimkan naskah agar dapat dicetak di Penerbit Andi dan Jenis buku mana yang lebih terbuka untuk berhasil diterbitkan, apakah fiksi, kumpulan puisi atau buku referensi pembelajaran”?
Dijawab oleh pemateri:
“Semua
sangat menjanjikan dari segi pasar.,, Untuk saat ini pandemi ini yg lebih
berhasil yaitu mapel... Untuk Fiksi , dan puisi ..lebih ke buku referensi ...”
“Kalau di dalam toko buku Fiksi, Novel... Masih di peringkat atas perjualannya..” lanjutnya.
Dukungan pemerintah
terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap
buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Nuratikoh, M.Pd
Berau – Kaltim
https://biasbelajarmenulis.blogspot.com/
Mantap bunda. Semangatnya juara...
BalasHapus
BalasHapusBelajar merangkai kata, sesuai yang di sampaikan oleh pemateri
Terimakasih,
Motivasi yang sangat menginspirasi...
Mantap bunda, tetap sehat dan semangat
BalasHapusTerimakasih,
HapusJejak pena bernuansa do'a, semoga dan InsyaAllah akan di kabulkanNya,
Aamiin...
Mantap. Selalu semangat dan rapi dalam berbagai kondisi.
BalasHapusTerimakasih,
HapusSahabat pena yang senantiasa singgah untuk memberi oleh-oleh kata penuh makna...
Interesting question from Dwi Pratiwi from Sukabumi
BalasHapus"Please ask how to submit a manuscript so that it can be printed in Andi Publishers and which type of book is more open to successful publication, whether fiction, poetry collection or learning reference book"?
"All very promising in terms of the market, for now this pandemic is more successful mapel ... For Fiction, and poetry.. more to the reference book ..."
"If it's in a fiction bookstore, a novel... Still at the top of his sales.."
Thank you,
HapusAll of Om Jay's notes will be a word of motivation.
And make me more dilligent for self-evaluation
Mantap bu, Semangat selalu bu..
BalasHapusTerimakasih,
HapusKata motivasi yang sangat berarti, semoga pembaca juga terinspirasi...
Semangat luar biasa, gerak cepat dan rapi
BalasHapusTerimakasih,
HapusSudah singgah dan memberikan kata penyemangat, semoga suguhan kalimat membuat pembaca khidmat....
Semangat bu
BalasHapusTerimakasih,
HapusKata yang singkat, namun sangat sarat dengan manfaat...
Keren
BalasHapusTerimakasih,
HapusMeskipun jejak pena yang di tinggalkan sangat singkat, namun semoga membuat kita semakin bersemangat
Luar biasa memotivasi bu
BalasHapusTerimakasih,
HapusSemoga kalimat yang tertulis tetap membuat rajin menulis agar bisa di publish...