Dari Mana Ide Menulis Datang?

 


Dari Mana Ide Menulis Datang?

"Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi" (OM Jay)

Narsum yang seharusnya sekarang adalah Bapak Imron Rosidi, dikarenakan siang tadi beliau mengalami Kecelakaan sepeda motor dan harus istirahat di rumah. Mari kita doakan beliau kembali sehat dan putih seperti sediakala.

Malam ini mendadak bertukar posisi dengan Om Jay Sang Founder Pelatihan penulis dari gelombang 1-20 akan membawakan materi darimana ide menulis datang?

Biodata Om Jay : https://wijayalabs.com/about

Ide menulis bisa datang dari mana saja. Bisa dari sebuah foto dan bisa juga datang dari sebuah video.

Contoh. Omjay akan kirimkan sebuah foto dan kawan kawan omjay minta untuk membuat tulisan yang menarik dari sudut pandang yang berbeda.



Apa yang anda bisa tuliskan dari orang ini? Silahkan langsung menuliskannya di WA grup

Ternyata dari sebuah foto banyak melahirkan sebuah tulisan yang menarik. Bila kita mampu menulis dengan hati, maka foto itu akan bernyawa. Apalagi bila kita mengenal sosok foto dari orang yang kita kenal. Walaupun belum pernah berjumpa secara langsung

Selain dari foto, ide menulis bisa datang dari sebuah video pendek. Mari kita tonton video ya di YouTube dan di wa group

https://youtu.be/Ew8D-riqLsk

Kita bisa menulis dari video di atas. Silahkan anda menuliskannya setelah anda menonton videonya. Wa group akan saya buka kembali untuk anda menulis secara langsung.

Contoh karya:

SANG  TAULADAN


“Assalamu Alaikum” Sapa bu Neneng di chat WA ke Om Jay, dengan ragu karena belum di kenal

“Saya ikut seminar malam ini, ada info di chat , bila belum bergabung di WA grup , dapat kirimkan nama ke WA bapak” lanjut  pesannya.

“ Neneng, Berau- Kaltim”, Bu Neneng terus melanjutkan chatnya

“ Minta Nama Lengkap” Jawab Om Jay

“Alhamdulillaah” bu Neneng bergumam, “di jawab juga ya, padahal orangnya sudah sangat terkenal, masih sempat juga menjawab chat dari orang yang belum di kenal” dalam hati ia berkata

“Oke” Jawabnya di chat

 “ Neneng, M.Pd. Tulisnya

Dan akhirnya bu Neneng sudah berada di WAG Belajar belajar menulis  PGRI Gel 19.

Pada saat berada di grup yang anggotanya sangat banyak, bu Neneng merasa  nyaman karena cara bertegur dan menyapa anggota sangat santai penuh makna, gayanya rileks semua, terutama OM Jay, setiap kata-kalimat yang dituli, selalu enak di baca , seolah mengalir begitu saja.

Tiba saatnya bu Neneng yang masih baru dan belum memahami seluk-beluk tentang Blog . mengalami kendala, maka dia chat ke Om Jay

“ Assalamu Alaikum, saya baru belajar membuat Blog, Bagaimana cara mengetahui nama Blog yang saya miliki”, tulisnya dan langsung di kirim via WA ke OM Jay

“Setelah saya buka , yang tertera di daftar peserta grup belajar menulis gel. 19 ternyata itu postingan pertama saya”, Minta bantuan…Terimakash” Lanjutnya bercerita, lagi-lagi via WA japri.

Tak selang berapa lama, Om Jay ternyata menjawab. Dengan mengirim sebuah no HP tertera sebuah nama “ Brian Tim Om Jay,

“Hubungi Beliau” Pesan Om Jay

“ Baik pak” jawab bu Neneng yang belum berani memakai istilah “Om”

Hingga akhirnya saat ini , pertemuan yang ke 20, bisa menerima materi dari sosok yang telah berjasa, semoga Allah mencatat sebagai amal kebaikan yang selalu mengalir pahalanya , Aamin


 Selain dari foto dan video, ide menulis bisa juga datang dari audio. Sekarang lebih dikenal dengan nama podcast. Kita menjadikan telinga sebagai media untuk menulis. Perhatikan dan dengarkan suara Omjay lewat audio di wa group.

Ada banyak ide di sekitar kita yang bisa digunakan untuk berlatih menulis, Om Jay memulainya dengan foto, kemudian dengan Video, lalu dengan audio.

Tulislah sesuatu yang ringan-ringan saja, menjadikan sesuatu yang tidak penting, menjadi penting.

Menulislah setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi.

Cara beliau belajar Al Qur’an, juga disampaikan yaitu: setelah sholat Isya’ biasanya mengajari sang istri untuk mengaji, membetulkan bacaan-bacaanya, kemudian ngaji bersama, dengan cara itulah belajar membaca al Qur’an setiap hari, bahwa hubungan suami istri akan indah, manakala melakukan kegiatan bersama, sholat berjamaah, dan bisa membentuk keluarga sakinah mawaddah wa rohmah.

Beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan bahan bacaan:

Pertanyaan :

1.      Maaf OmJay, bagaiman awal mulanya sehingga Bapak bisa menjadi seorang penulis hebat?

Saya awalnya bertemu dengan guru hebat dan berprestasi. Namanya bapak Dedi Dwitagama. Saya belajar bersama beliau melalui blognya di https://dedidwitagama.wordpress.com

Kemudian saya berguru kepada para penulis hebat Indonesia. Salah satu penulis hebat yang saya kagumi adalah Budiman Hakim dan Pepih Nugraha. Anda bisa searching di google karya mereka.

Saya juga berguru kepada semua orang. Kita semua adalah guru. Kita harus belajar menjadi guru untuk diri sendiri dan berkumpul dengan orang-orang yang Sholeh dan sholekhah.

2.      Bagaimana kita bisa komitmen akan menulis bukan karena menunggu kelas online namun dihari-hari biasa? mengapa setiap momen ingin menulis ada aja kendala untuk mengatakan nanti, disimpan dulu? akhirnya berlalu

Berbuat baik jangan dinanti nanti karena takutnya akan mati. Jangan diengke engke takutnya jadi bangle. Jangan dientar entar takutnya lekas modar.

Mulailah menjadikan menulis sebagai sebuah kebutuhan. Kita akan merasa haus dan lapar ketika tidak membaca dan menulis.

Pekerjaan baik sebaiknya jangan ditunda karena kita cepat melupa. Tuliskan apa yang sedang kamu kerjakan dan kerjakan apa yang sdh kamu lakukan

3.      Bagaimana cara menulis buku pelajaran misalnya mapel Bhs Indonesia untuk SMA

Cara saya menulis adalah dengan berkolaborasi dengan teman sejawat. Dengan menulis bersama banyak masukan datang dan banyak ilmu saling melengkapi. Kalau kita merasa sudah sanggup sendiri, menulis buku pelajaran itu asyik. Tapi saat ini, menulis buku ajar dengan kawan lain menjadi sesuatu yang bisa saling melengkapi. Itulah pengalaman saya membuat dan menerbitkan buku ajar di penerbit Andi Yogyakarta

4.      Motivasi apa yg membuat OmJay mengembangkan kelas menulis ygsdh smp gel.20?

5.      Apa yg menjadi impian OmJay ke depannya utk perkembangan dunia literasi?trm ksh OmJay.

Saya hampir mati karena virus Corona. Saya sudah berjanji kepada Allah SWT, bila saya diberi waktu maka saya akan habiskan sisa usia saya untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Dibayar atau tdk dibayar saya akan terus berlayar sampai ke tujuan. Alhamdulillah berkat tik yang solid kegiatan ini bisa berjalan lancar sampai gelombang 19 dan 20

Impian saya adalah semakin banyak guru yang membuka kelas menulis. Baik untuk sesama guru maupun untuk murid-murid yang diajarkan oleh guru.

Saya bermimpi ada sejuta guru punya blog dan mengelola blog dengan baik sebagai media pembelajaran

6.      Saya kesulitan dlm membagi waktu.... Saya mau menanyakan cara om Jay membagi waktu untuk bisa menulis setiap hari

Ini pertanyaan yang terus berulang dan banyak ditanyakan orang. Kuncinya ada pada diri sendiri. Kita harus membagikan waktu dalam 3 dunia. Ada dunia mimpi, ada dunia nyata dan ada dunia Maya. Kita harus bagi secara merata sehingga sisa hidup kita bermanfaat buat orang banyak. Tetap rendah hati dan tidak sombong. Sebab Allah benci dengan orang yang sombong dan membanggakan diri.

Bacalah surat Al ashr atau demi waktu. Di sanalah kita akan mulai membagi waktu dengan baik

7.      Apa do'a yang paling mujarab untuk menghilangkan Writers block yang selalu Om Jay amalkan. ? Amazing to have you without WB all the time.

Doa saya hanya satu kepada Allah. Lancarkan urusan semua orang. Insya Allah kita akan dilancarkan. Permudah urusan orang lain maka kita akan dimudahkan. Saya juga mengalami writer block. Tapi saya lakukan dengan banyak jalan jalan keliling rumah dan berkebun. Saya juga rajin blog walking untuk membaca tulisan orang lain. Di atas langit ada langit. Jangan pernah puas dengan apa yang sudah diraih. Kalau malas menulis biasanya saya perbanyak membaca. ibarat teko air. Teko akan ada airnya kalau diisi. Begitu juga dgn seorang penulis.

8.      Bagaimana menyambungkan munculnya  ide-ide yang terputus atau terpenggal satu dengan yang lain menjadi satu kesatuan ide yang besar.

Penulis itu penjual kata. Permainan kata dimulai ketika orang banyak membaca. Perbendaharaan kata akan terus bertambah dalam memori otak kita. Itulah mengapa ide-ide yg terputus selalu bisa tersambung kan. Ibarat dokter yang menyembuhkan pasien. Dokter akan tahu obatnya setelah tahu penyakitnya. Begitu juga dengan penulis sebagai penjual kata. Akan selalu ada jalan menemukan kata yang saling sambung menyambung seperti kereta api yang siap mengantar penumpang sampai tujuannya.

9.      Bagaimana ketika omjay sudah menjadi penulis blog terkenal tetap  humble dan down to earth?

Satu hal yg sering saya temui. Banyak mentor berhenti belajar. Mereka merasa sudah cukup dengan ilmunya dan menjadi jumawa. Padahal IPTEK selalu berkembang dan harus diiringi dengan imtak. Supaya kita mampu menerapkan ilmu padi. Kian berisi kian merunduk.

10.  Untuk menghadirkan karya itu ada tulisan ada gambar dan ada video, bagaimana membuat video yg akan di kirim  background sudah ada, sementara laptopnya  minimal i3, di gunakan hp  apakah bisa ?

Bisa. Saya membuat video dengan HP jadul. Hal yg penting semangatnya muncul. Kreativitas dan imajinasi itu muncul dari peralatan yg sangat sederhana. Gunakan teknologi yang ada.

11.  Agar buku pelajaran matematika menyenangkan untuk dibaca,  apa yang harus diramu dan dikreasikan di isi bacaan buku pelajaran ini?

Matematika itu pelajaran yang menyenangkan dan membahagiakan. Selalu ada cara membuat soal yg rumit menjadi mudah. Dalam teknologi pembelajaran ada ilmunya. Ibu bisa buka blog Omjay yang judulnya merencanakan pembelajaran yang menyenangkan di https://wijayalabs.com

12.  Kalau hanya mendeskripsikan foto/vidio mungkin banyak penulis bisa lakukan. Tapi, menyampaikan pendapat/gagasan terkai foto/vidio itu yang sulit. Bagaimana trik Om Jay menyampaikan gagasan dgn mudah dan selalu segar?

Saya biasanya membuat tulisan yang mudah dan enak dibaca. Tidak harus begini dan begitu. Hal yang penting pesannya sampai. Sebab kita menulis untuk dibaca orang lain. Ketika tulisan kita bagus dan menarik, pasti akan dibaca banyak orang tanpa diminta. Seperti hari ini, saya menemukan banyak kawan menulis dari sudut pandang yang berbeda. Fungsi kita sebagai mentor adalah bagaimana mengajak orang lain mau menulis dari apa yang disukai dan kuasai nya. Itulah yang saya lakukan sehingga tulisan saya selalu segar dan mudah dipahami pembaca.

Malam ini teramat manis, decak kagum akan materi yang sederhana namun mempesona, membuat para peserta senantiasa meluapkan isi hatinya.

Seperti kiriman pantun salah satu peserta berikut ini.

Kalau hendak ke pulau

Jangan lupa naik perahu

Kalau hendak serba tahu

Jangan lupa menuntut ilmu


Nuratikoh

https://biasbelajarmenulis.blogspot.com/


10 komentar:

Kata Sambutan Ketua Panitia Diklat PGRI Kecamatan Talisayan

  Assalamu'alaikum wr wb Yth. Bapak Ketua PGRI Kabupaten Berau, beserta rombongan Bapak Ketua PGRI Kecamatan Talisayan Bapak C...