Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

 


Menulis Membuatku Naik Kelas dan Berprestasi

MENULISLAH AGAR HIDUPMU BERMAKNA, MENULISLAH AGAR HIDUPMU BERWARNA, MENULISLAH HARI INI AGAR ENGKAU DIKENANG ESOK HARI    -AAM NURHASANAH

Sungguh !, kita akan membaca  pemaparan materi yang begitu memukau . Ini adalah sebuah kisah nyata.

Berawal dari sebuah kesuksesan yang tertunda saat pertama kali ikut kelas Omjay, tergabung di gelombang 8, mengulang kelas di gelombang 12. dan ternyata berhasil melahirkan buku pertama Antologi,

Kemudian dilanjutkan dengan ceritera tentang pembuatan buku solo pertama, dan buku kedua

Melangkah ke tangga berikutnya hingga berhasil menjadi kurator di beberapa kelas menulis gelombang 16,17,18, dan beberapa antologi puisi

Pemateri merasa masih fakir ilmu, mengikuti lomba blog HUT AISEI. dan hanya masuk 10 besar.

Dilanjutkan dengan ikut lomba blog PGRI, Alhamdulillah jadi Juara 1

Kegigihannya tidak berhenti sampai disini dilanjutkan mengikuti  program menulis seminggu yang diadakan Prof. Ekoji, naskahnya tembus ke penerbit mayor PT Andi Offset Yogyakarta.

Hingga akhirnya menjadi editor dan salah satu buku yang diedit adalah milik gurunya

Cerita berlanjut bagaimana beliau dikenal dengan Bu Aam Juara 1  Lomba Blog PGRI Tingkat Nasional, hingga akhirnya bisa menerbitkan buku solo yang ketiga

Mari kita simak …..!,

Pengalaman pemateri yang akrab disapa dengan panggilan bu Aam,  ( Aam Nurhasanah, S.Pd ) lahir di Cipanas 12 Agustus 1998,

Menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMPS Mathla Ul Hidayah Cipanas (SMPS MAHIDA) Lebak, moderator, narasumber, kurator, dan mulai menjadi Editor, Juara I Lomba Blog PGRI dan Juara 10 besar HUT AISEI kategori artikel favorit, penulis 20 buku

Aktif di beberapa komunita menulis

1.      Pengurus Kelas Belajar Menulis Gratis Omjay dan PGRI ( admin,moderator dan narasumber)

2.      Cakrawala Blogger Guru Nasional (Lagerunal) sebagai admin, moderator dan narasumber

3.      Yayasan Pustaka Thamrin Dahlan (YPTD) sebagai admin dan moderator

4.      Komunitas AISEI ( Association for International Minded Scgool Educators Indonesia)

5.      Komunitas Aksara Bermakna (KAB) Wonosobo Founder Kak Usrorun Hasanah

6.      Sahabat Pena Kita ( SPK) Tulungagung Founder Dr Ngainum Naim

7.      Founder Komunitas Pantun Bersuka Ria dan Puisi  ( Patidusa dan Teletet)

8.      Pengurus di kelas belajar menulis Omjay dan PGRI

9.      Pengurus kelas belajar bicara atau Public Speaking For Teacher sebagai admin,  narasumber dan moderator

Alamat : surel : aam nurhasanah12@gmail.com. FB : Aam Nurhasanah, IG : aamnurhasanah88


Cerita mengenai pemateri , yang di setiap kisahnya mnyebut dirinya dengan “saya” maksudnya adalah bu Aam Nurhasanah

Dulu, saya  pertama kali ikut kelas Omjay, dulu saya tergabung di gelombang 8 bersama Cak Inin(Pak Mukminin), Bu Nora, dan Mr. Bams yang kemarin sudah menemani Bapak dan Ibu guru. Waktu itu, Mr.Bams ketua kelas kami dipercaya Omjay bertugas sebagai moderator dan saya mulai mengagumi profesi moderator. Saya lalu membayangkan bisa menjadi moderator kelas menulis Omjay.

Namun, impian saya jadi hilang. Saya tidak lulus karena tidak fokus dan bingung dengan tugas membuat resume yang baik. Akhirnya saya ditinggalkan Cak Inin, Bu Nora, dan Mr. Bams.

Saya memupuk kembali kepercayaan diri, dengan kobaran semangat yang berapi, kembali mengulang kelas di gelombang 12. Saat itu moderatornya Ibu Fatimah dari Aceh.

Saat itu semangat saya menggebu-gebu, pasang langkah kaki seribu, ingin segera terbitnya buku, gabung antologi lahirlah buku pertama saya.


Ini mahkota saya yang pertama, sungguh sangat berharga, jadi lecutan diri untuk terbitkan buku sendiri.

Bu Kanjeng telah mampu memotivasi diri saya. Beliau mengatakan better late than never. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya. Biarlah tulisanmu menemui takdirnya.

Saya membuat buku solo "Mengukir Mimpi Jadi Penulis Hebat" karena dulu saya bermimpi ingin jadi penulis buku. Akhirnya Allah mudahkan dan lancarkan jalan saya. Impian saya perlahan menjadi kenyataan.



Bu Kanjeng terus memotivasi saya, ayo bu Aam buat buku solo kedua. Pengalaman akan hilang jika tidak dituliskan. Maka saya memutuskan membuat buku kedua dengan judul "Kunci Sukses Menjadi Moderator Online


Buku saya sayang kedua diterbitkan Bu Kanjeng dan Pak D Susanto yang jadi editornya. Saya jadi bermimpi lagi, apa saya bisa jadi editor andal?

Mimpi demi mimpi terus berganti.. Menjadi lecutan semangat untuk mengasah diri.

Setelah buku kedua saya lahir, Bu Kanjeng mulai melihat kemampuan diri. Ditawarilah tugas sebagai kurator. Tugas kurator adalah menghimpun naskah&administrasi yang masuk, hingga buku sampai ke pembaca. Akhirnya saya berhasil menjadi kurator di beberapa kelas menulis gelombang 16,17,18, dan beberapa antologi puisi binaan bu kanjeng.


 






Cover buku di atas kuratornya adalah saya sendiri

Karena merasa masih fakir ilmu, saya coba mengikuti lomba blog HUT AISEI. Saya hanya masuk 10 besar. Saya dapat hadiah webcam. Lumayan buat zoom. Saya mengasah diri lagi, ikut lomba blog PGRI, alhamdulillah impian saya terbukti, jadi Juara 1 sampai teringat selalu dalam hati.



Tidak cukup sampai di situ, saya ikut program menulis seminggu yang diadakan Prof. Ekoji, alhamdulillah naskah saya tembus ke penerbit mayor PT Andi Offset Yogyakarta.


Saya lalu mendapatkan telpon, dari murid saya yang di arab saudi jadi TKI. Namanya Juminah. Dia meminta saya mengedit naskahnya. Naskah Juminah hanya ditulis dari hp. Dia kirim lewat WA. Ini pengalaman pertama saya menjadi seorang editor.




Dari pengalaman mengedit naskah Juminah, saya ditawari menjadi editor oleh Bu Kanjeng.





Ada 3 naskah peserta yang masih saya edit, salah satunya punya guru saya, Bu Endah Hamidah, S.Pd.



Dari kegagalan di gelombang 8, saya terus belajar memompa diri untuk bisa berbagi dan bermanfaat untuk orang lain

Akhirnya kegagalan itu membuat saya dikenal dengan Bu Aam Juara 1  Lomba Blog PGRI Tingkat Nasional


Ini buku solo ke-3 saya, yang isinya kumpulan 28 hari ngeblog. Saat itu semua peserta diminta menulis di blog selama 28 hari tanpa jeda. Alhamdulillah, saya keluar sebagai Juaranya.



Semoga SUKSES,
Aamiin


Nuratikoh
Berau - Kaltim

20 komentar:

  1. Tulisan yang bermutu, dagiing semua👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, masih belajar bagaimana cara memadukan 5 W ,1 H yang menarik

      Hapus
  2. Mantap. Moga berkenan ke blog saya Bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, saling berselancar dan singgah untuk menikmati aroma kata yang manis, dan hidangan kalimat yang memikat....

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terimakasih, ayo kita belajar bersama dan saling memotivasi...

      Hapus
  4. Terima kasih sudah menulis resumenya ya. Semangat teus!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kali ini resum mengandung "iklan" he, he, he, mantab bu Aam Insyaa Allah berkah...

      Hapus
  5. Keren, Inshaa Allah naik kelas terus

    BalasHapus
  6. He he...iya pak, banyak yang memotivasi dan menginspirasi

    BalasHapus
  7. Terimakasih telah membaca,
    Jejak pena penuh makna,
    Sanjungan membuat melayang ingin mencapainya...

    BalasHapus
  8. Terimakasih,
    Jejak pena penuh makna
    pemantik semangat untuk semakin mengasah kalimat...

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Terimakasih
      Jejak pena penuh makna
      Masih proses, mengawali untuk mencari inspirasi...

      Hapus
  10. Wah.. sungguh lengkap, jelas, detil, rapi dan khas penyajian gaya penulisan unik
    👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih,
      Jejak pena penuh makna
      di ujung kata "motivasi" membuat bertanya
      UNIK...masih berusaha untuk membuat daya tarik, hingga dilirik , Alhamdulillah meski hanya- setitik...

      Hapus

Kata Sambutan Ketua Panitia Diklat PGRI Kecamatan Talisayan

  Assalamu'alaikum wr wb Yth. Bapak Ketua PGRI Kabupaten Berau, beserta rombongan Bapak Ketua PGRI Kecamatan Talisayan Bapak C...